Sabtu, 05 November 2011

CARA AKSES INTERNET (MELALUI KOMPUTER & PONSEL)

CARA AKSES INTERNET (MELALUI PONSEL DAN KOMPUTER)

Akses Internet
Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.
berikut kami akan menerangkan tentang cara mengakses internet melalui (pondel dan komputer)
Cara Mengakses Internet Melalui Ponsel
Seiring kemajuan teknologi, handphone pun tidak lagi dimanfaatkan untuk mengirim dan menerima sms atau telpon saja. Sekarang handphone dilengkapi fitur – fitur yang lebih canggih dan bisa dijadikan gaya hidup Anda. Konsumen memang selalu menjadi raja, para produsen pun memanjakan konsumen dengan menambahkan fitur internet lewat hp yang tidak kalah jauh beda bila berinternetan lewat PC.
Berikuti ini cara untuk mempercepat akses internet lewat ponsel:
Sebelum menggunakan HP untuk koneksi data, baiknya kamu terlebih dahulu melakukan beberapa langkah dibawah ini :
1. Aktifkan GPRS HandPhone kamu
2. Install kabel data
3. Install modem
3. Buat koneksi internet.
5. Koneksi dengan internet
Persyaratan:
- Lakukan intalasi berdasarkan urutan diatas.
- Selama instalasi dilakukan jangan cabut kabel data dari komputer kamu.
1. CARA AKTIFKAN GPRS
sms melalui HP kamu dengan cara ketik : GPRS[spasi]merekHP[spasi]typeHP
2. CARA INSTALASI DRIVER KABEL DATA
(kalau kabel data minta driver. Jika tidak, langsung menuju cara No.3 cara instalasi modem HP)
a. Klik Start–>Control Panel–>System–>Hardware–>Device Manager. Kemudian akan muncul window “Device Manager”
b. Klik kanan pada USB Device–>Properties dan akan muncul window “USB Device Properties” kemudian klik Reinstall Driver…
c. Pilih “Install from a list or specific location (Advanced)”kemudian Next.
d. Pilih “Search for the best driver in these location”
e. Centang “include this location in the search”
f. Klik Browse lalu cari lokasi file driver dari CD driver HP kamu kemudian klik Next. Setelah ketemu lalu klik OK dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
Untuk memastikaan bahwa kabel data tersebut siap digunakan, lakukan langkah seperti pada langkah ( b ) dan Pada USB Device akan muncul tipe kabel data yang kamu gunakan.
3. CARA INSTALASI MODEM HP
Instalasi Modem HP dapat dilakukan dengan menjalankan file “setup.exe” yang ada pada CD Driver HP.
Atau ikuti langkah-langkah berikut;
a. Buka / Explore CD ROM drive kamu, pada folder setup akan terdapat file “setup.exe”. Klik dua kali pada file tersebut dan ikuti langkah instalasinya.
b. Jika modem telah ter-install maka kamu dapat melihatnya pada device manager
untuk melihat modem sudah terinstall atau belum maka klik control panel–>device manager–>klik tanda (+) pada modems. jika modem sudah terinstal maka akan terlihat nama type modem HP yg kamu gunakan
4. CARA MEMBUAT KONEKSI INTERNET
(pada contoh kali ini saya pakai Mentari Indosat dan pada dasarnya langkahnya sama dengan provider lain kecuali isi no. dial dan user name)
a. Klik Start–>Control Panel–>Network Connection–>New Connetion. Lalu tekan tombol Next.
b. Pilih Connect to the Internet, lalu tekan tombol Next
c. Pilih Set up my connection manually, lalu tekan tombol Next
d. Pilih Connect using a dial-up modem, lalu tekan tombol Next
e. Akan terdapat pilihan modem. Kamu harus memilih Modem HP kamu, lalu tekan tombol Next.
f. Masukan Nama ISP provider [ indosat ], lalu tekan tombol Next
g. Masukkan nomer Telepon [ *99***1# ], lalu tekan tombol Next.
h. isi User Name dengan [ satgprs ], Jangan isi Password, dan Confirm Password, lalu tekan tombol Next.
i. Centang kotak “Add a shortcut to this connectin to my desktop”, lalu tekan
j. tombol Finish.
k. Setelah Ada tampilan window “Connect Indosat” klik tombol–>properties–>General
l. Lalu klik Configure….
m. Check Maximum Speed (bps) 230400.
n. Setelah selesai klik OK, kemudian OK. Lalu klik Dial.
5. KONEKSI DENGAN INTERNET
Klik shortcut koneksi internet di desktop yang telah kamu buat, lalu klik Dial dan tunggu sampai terjadi koneksi.
jika sudah terkoneksi maka pada system tray (kanan bawah layar monitor) akan muncul simbol dua computer saling terkoneksi.
Koneksi Internet dengan CDMA Handphone
Teknologi internet tidak saja merambah pada kecepatan, tetapi mulai di sajikan pada teknologi handphone. Pada artikel kali ini dibahas sedikit mengenai kecepatan koneksi dengan CDMA dan kemudahan menginstall handphone menjadi sebuah modem PC.
Koneksi CDMA pada saat ini dapat mencapai 230Kbps untuk koneksi dan kecepatan download 15KB/s (153Kbps). Untuk perbandingan, kecepatan CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dial-up dan sudah separuh dari sistem koneksi cable modem. Memang belum cepat, tetapi cukup lumayan bila anda memiliki area yang tidak terjangkau oleh cable modem atau ADSL modem. Solusi ini setidaknya dapat menyajikan sebuah koneksi internet dimana saja dan kapan saja yang cukup mengunakan handphone untuk dijadikan sebuah modem bersama sebuah PC.
Tahapan untuk menginstall dengan Handphone CDMA :
1. Persiapan untuk membuat Com Port, komunikasi modem dilakukan melalui Com Port dan digunakan cable data untuk difungsikan sebagai Com Port. Caranya dengan merubah fungsi dari USB Cable data menjadi sebuah COM pada PC
2. Mengenal Handphone sebagai Modem. Setting driver dari install driver setelah dibukanya Com Port maka software WinXP dapat mengenal Handphone sebagai Modem
3. Proses untuk koneksi Network pada Windows XP, setelah COM port dan Modem selesai di Install, proses terakhir adalah memasukan fungsi koneksi dari Modem sebagai koneksi ke Internet.
Perlengkapan untuk koneksi Internet dengan Handphone CDMA
Untuk perlengkapan, pada percobaan ini digunakan:
· Prolific GW-DKU-001- Compatible Cable data DKU5 Nokia
· Nokia CDMA 6585
· Starone CDMA Prepaid
Untuk perlengkapan PC:
· Pentium P4 2.4C @ 3.3Ghz
· Corsair memory 1GB TwinX PC320
· Asus P4C800-D
· Gigabyte Radeon 9800 Pro
· Seagate 120GB SATA Harddisk
· USB port internet ICH5
· Flatron L1710B LCD monitor
· Zalman ZM-400B APS
Fungsi Cable data selain menjadi simulasi Com Port, juga difungsikan sebagai fungsi tranfer data dari handphone ke PC. Sedangkan modem difungsikan sebagai modem pada koneksi internet dari PC. Pada gambar dibawah ini adalah cara pemasangan Cable Data pada bagian bawah handphone dan dihubungkan pada USB port.
Cara Akses Internet Melalui Komputer
Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
Untuk melakukan Dial-up Connection, dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:
· Modem
· Saluran Telepon
· Perangkat Lunak: pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
· Nama pengguna dan kata sandi: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Yang perlu kita lakukan adalah:
· Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
· Memasang modem ke komputer kita
· Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP
· Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP
Setelah komputer terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer sudah dapat terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan di Internet. Hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer terputus dari Internet.
Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh dunia. Tentunya ‘kunjungan’ kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung ke Internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka Internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).
Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer)
Contoh menghubungkan lewat ISP “TelkomNet Instan”
Dalam menghubungkan diri ke Internet, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh komputer, yaitu :
· Dialing (memanggil nomor, misal 080989999)
· Verifying Username (memverifikasikan nama pengguna dan sandi)
· Handshaking ("berjabat tangan", artinya menyeragamkan parameter koneksi)
· Connecting (menghubungkan diri ke Internet).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar