Sabtu, 05 November 2011

RESUME PERADABAN SUNGAI HOANG -HO

RESUME PERADABAN LEMBAH SUNGAI HOANG-HO


Peradaban Lembah Sungai Hoang Ho : peradaban bangsa Cina yang muncul di lembah Sungai Kuning (Hwang Ho atau yang sekarang disebut Huang He).Sungai Hwang Ho disebut sebagai Sungai Kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya. Sungai ini bersumber dari Pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan mengalir melalui daerah Pegunungan Cina Utara hingga membentuk dataran rendah dan bermuara di Teluk Tsii-Li, Laut Kuning. Pada daerah lembah sungai yang subur inilah kebudayaan bangsa Cina berawal. Dalam sejarah, daerah tersebut menyulitkan masyarakat Cina kuno untuk melaksanakan aktivitas hidupnya karena terjadinya pembekuan es di musim dingin dan ketika es mulai mencair akan terjadi banjir serta air bah. Berbagai kesulitan dan tantangan tersebut mendorong bangsa Cina untuk berpikir dan mengatasinya dengan pembangunan tanggul raksasa di sepanjang sungai tersebut.
Bahasa KuoYu: bahasa persatuan peradaban sungai hoang ho.
Chung Kuo: sebutan negeri cina atau negeri tengah karna terletak di tengah-tengah dunia.
Dinasti Chuo: dinasti ini berdiri tahun 1222-221 SM dan didirikan oleh Shih Huang Ti dengan pusat pemerintahannya di Han Tan.
Dinasti Chou: dinasti pada perkembangan filsafat kehidapan cina yang berdiri tahun 1100-156 SM.
Dinasti Hsia: dinasti ini merupakan dinasti tertua di cina, termasuk zaman proto sejarah cina karna tidak meninggalkan prasasti dan berdiri sejak tahun 2000-1500 SM.
Dinasti Han: dinasti ini berdiri tahun 206 SM-220 M dan didirikan oleh Liu Pang dengan pusat pemerintahannya di Chang-an.
Dinasti Manchu: dinasti ini berdiri tahun 1664-1912 SM dan masa pemerintahannya di pegang oleh kaisar K'ang Hsi dan Kaisar Ch'ien Lung, dinasti ini merupakan dinasti terakhir di cina.
Dinasti Ming: dinasti ini berdiri tahun 1368-1644 M dan didirikan oleh Chu Yuan Chan dengan pusat pemerintahannya di Nanking kemudian ibu kota kerajaan di pindah ke Peking.
Dinasti Shang: dinasti ini berdiri tahun 1500-1100 SM, pada masa ini cina memasuki zaman sejarah dengan tulisan pictograf dan sudah mengenal tulisan.
Dinasti Sung: dinasti ini berdiri tahun 906-1279 M dan kaisar terbesar adalah Sung Jen Tsung dengan pusat pemerintahaannya di Nanking.
Dinasti Sui: inasti ini berdiri tahun 589-618 M dan kaisar terbesar dari dinasti Sui adalah Yang Ti.
Dinasti Tang: dinasti ini berdiri tahun 618-906 M dan didirikan oleh Li Yuan.
Dinasti Yuan: dinasti ini berdiri tahun 1260-1368 M dan didirikan oleh Kublai Khan dengan pusat pemerintahannya di Peking.
Kung Fu Tse: salah satu filsuf cina yang ajarannya biasanya di sebut Ju Chia(Kung Chia) dimana pokok-pokok ajarannya terletak pada Li (adat istiadat), Ren (peri kemanusiaan) dan I (perikeadilan).
Lao Tse: salah satu filsuf cina yang ajarannya disebut toaisme, tertulis dalam buku Tao Te-Ching yang salah satu intinya ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang bernama Tao.
Mo Ti: salah satu filsuf cina yang ajarannya mendasarkan pada Chien Ai yakni cinta yang tanpa pandang bulu.
Hoang-Chung Hua: sebutan rakyat orang cina yang umumnya berada di lembah sungai Hoang Ho dan sungai Yang Tse Kiang.
Polytheisme: kepercayaan bangsa cina menyembah banyak dewa sebagai kekuatan alam.
Sinantropus Pekinensis: manusia cina dari peking( manusia purba yang di temukan dalam Gua Choukoutien di lembah Hoang Ho )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar